• Sun. Jul 14th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Bersama Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu 2024 dan Sukseskan Pembangunan IKN Nusnatara

    Mar 3, 2023

    Wabup Gamalis, Hadiri Pembinaan Teknis Tiga Pilar Pemerintah Desa

    SAMARINDA – Menghadirkan Bhabinkantimbas, Babinsa dan perwakilan kepala desa se Kalimantan Timur. Polda Kaltim menggelar pembinaan teknis kesiapan tiga pilar dalam menjaga kondusifitas pada penyelenggaraan pemili 2024 dan menyukseskan pembangunan IKN Nusantara. Kegiatan ini digelar di GOR 27 September Universitas Mulawarman, Jumat (3/3/2023). Bersama kepala daerah se Kaltim, Wakil Bupati Berau, Gamalis, turut hadir pada acara yang dibuka oleh Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kaltim, Brigjen Pol Mujiyono.

    Membacakan sambutan Kapolda Kaltim, Imam Sugianto, Wakapolda menegaskan situasi keamanan dan ketertiban masyarkat yang aman dan konsudif adalah kebutuhan dasar yang senantiasa diharapkan masyarakat dalam setiap melaksanakan aktifitasnya. Keamanan dan ketertiban masyarakat akan dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis dikalangan masyarakat dan tidak kalang penting adalah dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

    Dalam menciptakan kondusifitas ditegaskan tigas pilar, bhabinkamtibmas, babinsa dan kades atau lurah harus bersinergi dalam melakikan mendeteksi dini terhadap gangguan kamtibmas. Upaya mensinergikan tiga pilar ini mempedomani beberapa prinsip yang harus dilaksanakan bersama sama. “Yaitu komunikasi intensif, transparansi, sinergi yang harmonis, kesetaraan dalam penyelesain masalah, komitmen mewujudkan kamtibmas dan membangun kemitraan yanh berkelanjutan,” ucapnya.

    Wabup Gamalis yang hadir langsung pada pembukaan pembinaan teknis tiga pilar ini, berharap dengan pembinaan teknis ini akan semakin memperkuat peran tigas pilar pemerintahan desa dalam membangun kondusifitas di daerah masing masing, terkhusus di Kabupaten Berau dan juga daerah lain di Kalimantan Timur. Terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakan pemilu yang tahapan tahapannya sudah mulai berjalan. “Ini menjadi bagian yang sangat penting, mengingat pemilu ini akan melibatkan semua stakeholder dan semua lapisan masyarakat,” ungkap mantan anggota DPRD Kaltim ini.

    Bersamaan dengan itu di sampaikan Gamalis saat ini juga tengah dimulai pembangunan IKN Nusantara dan Berau menjadi salah satu daerah penyangga IKN dengan segala potensi yang dimilikinya. Tiga pilar pemerintahan desa ini memiliki peran penting dalam mendukung pelaksanaan pembangunan IKN agar segera terwujud seperti yang diharapkan semua. “Yang terpenting adalah kondusifitas masyarakat itu sendiri, menjaga persatuan kesatuan untuk Berau, Kaltim dan Republik Indonesia ini,” tandasnya. (RN/prokopim)