• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Berau Raih Tiga Penghargaan Dibidang Perpustakaan dan Kearsipan

    Mar 14, 2023

    SURABAYA – Pemerintah Kabupaten Berau kembali meraih prestasi di bidang perpustakaan dan kearsipan. Kali ini tiga penghargaan diraih Berau pada gelaran Rapat Koordinasi Daerah ( RAKORDA ) Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim tahun 2023 di Hotel Tunjungan Surabaya Jawa Timur, Selasa (14/3/2023).

    Tiga penghargaan yang diraih Kabupaten Berau diantaranya, Terbaik I pelaksanaan Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ( TPBIS ) tingkat provinsi Kalimantan Timur. Terbaik I Pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan Kampung/ Sekolah Tingkat provinsi Kalimantan Timur. Serta Penghargaan dan Penyerahan hasil alih media ( digital ) Manuskrip/ naskah kuno Kesultanan Gunung Tabur kepada Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau, Yudha Budisantosa dan kepada Pemangku Adat Kesultanan Gunung Tabur, Yang Mulia Sultan Adji Bahrul Hadi.

    Penghargaan diberikan oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, yang diwakilkan Staf Ahli Gibernur Bidang Reformasi, birokrasi dan keuangan daerah, Diddy Rusdiansyah, didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim, Syafranudin.

    Selain itu pemberian penghargaan ini juga disaksikan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando dan Kepala Arsip Nasional RI yang diwakili deputi bidang pembinaan kearsipan, Desy Pratiwi.

    Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, bersyukur atas torehan prestasi yang kembali dicatatkan jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau.

    Penghargaan ini dikatakannya menjadi pemicu semangat untuk terus bergerak meningkatkan kegemaran membaca bagi masyarakat Bumi Batiwakkal. Termasuk terus mendorong pemanfaatan kemajuan teknologi dalam pengelolaan perpustakaan dan kearsipan digital yang lebih modern.

    Hal ini juga seiring dengan tema Rakorda tahun 2023 yakni kolaborasi penguatan literasi dan kearsipan digital di Kalimantan Timur. “Alhamdulillah, ini prestasi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Berau,” tandasnya. (RN/Prokopim)