• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Beberapa Titik Alami Gangguan Air, Ini Penyebabnya

    Jun 11, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Dalam sepekan lebih, beberapa titik di Kecamatan Tanjung Redeb mengalami masalah distribusi air bersih yang tak mengalir secara normal. Berdasarkan laporan yang di Terima oleh pihak Perumda Air Minum Batiwakkal, setidaknya ada 3 titik dalm beberapa hari terakhir ini mengalami gangguan air yaitu di Jalan Kedaung, Durian II, dan Durian III.

    “Mereka keluhkan air yang kondisinya kurang kencang”, M. Toyib, Kasubag Perencanaan Perumda Batiwakkal,Sabtu (10/6/23),

    Mendapat laporan tersebut, bersama teknik Perumda Batiwakkal, langsung turun ke lokasi menyusuri beberapa tempat yang diduga menjadi penyebab kurangnya distribusi air kerumah warga.

    “Kesimpulan sementara dari hasil penelusuran kami, gangguan distribusi disebabkan belum meratanya distribusi air paska gangguan produksi dan distribusi air akibat tidak optimalnya penggunaan mesin genset,” jelasnya.

    Sementara itu Syahril, Bagian teknik menjelaskan, Akibat kondisi tersebut, Produksi di IPA Raja Alam tidak bisa optimal diatas 400 liter per detik jika di jalankan hanya dengan genset.

    “Padahal kebutuhan pelanggan kita sangat tinggi mengingat pelanggan yang terus bertambah setiap harinya,Jadi pelayanan kita hanya bisa optimal jika menggunakan listrik PLN,” paparnya.

    itupun dengan catatan tidak ada gangguan ngetrip,” Sambungnya.

    Sementara itu saat ini yang bisa dilakukan oleh Perumda adalah melakukan pengaturan agar produksi bisa optimal karena meski dapat mendistribusikan air dengan full 4 pompa melalui IPA 1 namun produksi kadang kalah dibandingkan distribusinya.

    “Khusus untuk Kedaung sebenarnya tidak semua tempat alami gangguan, tapi hanya beberapa wilayah yang akan kami coba lakukan interkoneksi baru untuk menstabilkan tekanan,” pungkasnya.