• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Basarnas Kaltimtara Minta Dukungan Sarana Prasarana di Pemkab Berau

    Apr 29, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB – Audiensi Wakil Bupati Berau dan Kepala Basarnas Kaltimtara sekaligus silaturahmi, Di Ruang Rapat Kakaban Kantor Bupati Berau, Jumat 28 April 2023.

    Kepala Basarnas Kaltimtara Melkyanus kotto Mengatakan, Maksud kedatangan Basarnas di Kabupaten Berau untuk meminta dukungan Pemerintah Daerah terkait kurangnya sarana pos basarnas di wilayah Kaltimtara.

    Dirinya mengungkap, saat ini Basarnas belom memiliki fasilitas barang gedung, hingga kini pihaknya masih memanfaatkan gedung dengan melakukan kontrak di Kota Balikpapan sebagai pos wilayah Kaltimtara.

    “Mudah-mudahan pertemuan ini dari Pemda sendiri bisa mendukung dan memfasilitasi gedung kantor di Kabupaten Berau nantinya,” ungkapnya.

    Sementara itu, Gamalis, Wakil Bupati, menyebut pada tahapan pertama kehadiran Basarnas di Wilayah Kaltimtara itu ada 80 orang personil yang hadir di Ibu Kota Negara (IKN), namun belum didukung dengan adanya armada.

    “Ini baru orangnya, mereka mempersiapkan ketika Basarnas pusat berpindah ke IKN, tentunya Basarnas IKN juga menangani nya,” katanya.

    Dijelaskannya, Kabupaten Berau merupakan teras atau pintu masuk dari IKN, shingga Berau akan di jadikan sebuah tempat yang dianggap bisa representatif dengan keberadaan tim Basarnas sendiri.

    “Maka dari itu Basarnas meminta dukungan Pemkab untuk diberikan fasilitas maupun armada, baik itu lahan kantor, maupun kendaraan unit yang layak untuk digunakan,” jelasnya.

    Dirinya mengatakan, dalam waktu dekat ini Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), Sekertaris Daerah (Sekda) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan berdiskusi titik mana yang akan di jadikan tempat pinjam atau hibah untuk lahan Basarnas.

    “Kami pun sempat membicarakan tekait rencana lahannya, baik itu di kantor BPBD maupun lahan eks KPU di depan Polres. Namun karena Basarnas ini memiliki armada sungai atau laut seperti speed boat karet atau sebagainya, makanya lebih tepatnya bila lokasinya berada ditepian sungai,” terangnya. (*IAH)