• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Banyaknya Kasus Kebocoran Jadi Salah Satu Penyebab Keruhnya Air

    Dec 27, 2023

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Perumda Air Minum Batiwakkal Berau menerima keluahan salah seorang pelanggan terkait dengan air yang dinilainya keruh.

    “Tolong pak, sudah beberapa hari ini air di rumah kami tidak sejernih biasanya, atau air PDAM sekarang koq nggak seperti dulu ya, baru saja dikuras, e’ sekarang sudah keruh lagi,” ungkap salah seorang karyawan melalui nomor Cs Perumda Air Minum Batiwakkal Berau.

    Menanggapi hal tersebut Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau mengatakan bahwasanya air yang melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sudah sesuai dengan mekanisme yang ada serta memastikan air yang diolah dan didistribusikan melalui bak reservoar sudah sesuai SOP dan baku mutu yang ditetapkan oleh pemerintah. 

    Dikatakannya pula, pihaknya secara rutin melakukan melalui dinas-dinas terkait terutama pada segi kualitas air yang di distribusikan kepada para pelanggan

    “bahkan kita juga secara berkala melakukan uji kualitas keluar daerah melalui lembaga yang sudah diakui oleh pemerintah,” Jelas Saipul.

    Dijelaskannya, terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab keruhnya air yang didistribusikan kepada para pelanggan, salah satunya yakni benyaknya kasus kebocoran jaringan pipa yang terjadi belakangan ini.

    Saipul juga menerangkan bahwasanya berdasarkan uji kualitas air yang diproduksi oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau sudah layak untuk disebut sebagai air bersih dan bahkan dapat langsung diminum.

    “Tetapi kami tidak menjamin air yang sampai kerumah-rumah pelanggan sama bersihnya dengan yang ada di reservoar kami, ” Pungkas Saipul.