• Mon. Jul 22nd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Angka Kemiskinan dan Pengguguran di Kabupaten Berau Menurun

    May 9, 2024
    oppo_2

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Berau melakukan survei Kemiskinan sebanyak dua kali dalam setahun dan kemudian hasilnya akan disajikan dalam setahun sekali yakni pada bulan Januari.

    Kepala BPS Kabupaten Berau menyambut bahwasanya pihaknya akan melakukan survei setiap bulan Maret dan September, “Bulan Maret itu untuk menghitung angka kemiskinan di Kabupaten Berau, sedangkan September untuk menghitung kemiskinan provinsi,” Ungkapnya. Rabu (9/5/2024)

    Sementara itu, terkait dengan survei angka Jumlah pengangguran juga dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Februari dan Agustus, “Yang Februari itu untuk menghitung angka pengangguran provinsi sedangkan Agustus itu untuk Menghitung angka pengangguran Kabupaten,” Ujarnya.

    Berdasarkan hasil survei yang dilakukan, angka Kemiskinan dan pengguguran di Kabupaten Berau semakin membaik, Disebutkannya angka kemiskinan di Kabupaten yang sebelumnya 5,65 persen turun menjadi 5,54 persen dan angka pengangguran turun dari 5,02 persen menjadi 4,95 persen.

    Dikatakannya, penurunan Pengangguran dan Kemiskinan di Kabupaten Berau sejalan, sebab dengan menurunnya angka pengangguran, maka semakin banyak masyarakat yang mendapatkan kesejahteraan.

    “Dengan adanya kesempatan bekerja, maka masyarakat mendapatkan penghasilan yang juga meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” Lanjutnya.

    Diharapkannya, pula pemerintah Kabupaten Berau dapat lebih banyak menciptakan lapangan-lapangan pekerjaan untuk masyarakat guna meningkatkan kesejahteraannya.

    “Untuk masyarakat yang sudah masuk dalam usia bekerja kami harapkan dapat meningkatkan kompetensinya, sehingga nantinya ketika ada lapangan pekerjaan yang tersedia, masyarakat bisa ikut ketika dia memang punya kompetensi,” Pungkasnya. (*MNH)