• Fri. Jul 19th, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Anggota Komisi I DPRD Berau, Sujarwo Pinta Masyarakat Jangan Mudah Percaya Informasi Hoax

    Oct 31, 2023

    TANJUNG REDEB, BERAUSATU.ID- Pesta demokrasi 2024 tak lama lagi berlangsung, untuk itu anggota Komisi I DPRD Berau, Sujarwo Arif Widodo mengimbau masyarakat untuk tidak cepat terpancing dengan pemberitaan baik itu di sosial media ataupun media konvensional lain.

    Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) itu meminta masyarakat harus pintar menyaring dan menerima informasi yang bertebaran dengan bijak.

    “Ya, apalagi jelang pemilu ini akan banyak sekali informasi yang disebarkan baik positif maupun negatif. Saya hanya ingin masyarakat lebih bijak menerima informasi apapun itu, jangan sampai mudah termakan hoax dan pemberitaan yang mengadu domba,” kata dia. Selasa (31/10/2023).

    Sujarwo pun meminta agar masyarakat tidak mudah termakan informasi hoax, ia harapkan masyarakat memilah dan memilih sumber informasi yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pasalnya, saat ini sangat banyak media-media yang tidak mampu mempertanggungjawabkan pemberitaan yang dilempar ke masyarakat.

    “Hal ini sebenarnya sangat wajar sekali, apalagi di tahun politik pasti banyak bermunculan. Untuk itu masyarakat yang harus lebih bijak dan tidak mudah terpancing isu yang mengadu domba,” terang Jarwo.

    Adapun pemberitaan hoax yang tersebar di masyarakat, lanjut Jarwo, ialah perpecahan serta terancamnya kondusifitas dan keamanan di masyarakat, baik kelompok maupun golongan tertentu.

    “Saya mendorong agar pemerintah turun tangan melakukan edukasi kepada masyarakat terkait hal tersebut, termasuk melakukan antisipasi terhadap munculnya informasi yang sumbang,” tandasnya. (Adv/mnh*).