• Tue. Jul 23rd, 2024

    berausatu.id

    Informasi untuk Menginspirasi

    Feb 11, 2023

    Milad HMI Ke-76, Diharapkan Mampu Selalu Bersinergi dalam Kebersamaa

    BERAUSATU.ID, TANJUNG REDEB – Himpunan Mahasiswa Islamm (HMI) kini menginjak usia yang ke -76, sejak didirikan di Yogyakarta pada tanggal 14 Rabiul Awal 1366 H bertepatan dengan tanggal 5 Februari 1947. Milad tersebut turut di perubgati uleh HMI Cabang Berau, di Balai Mufakat, Kamis (9/2/2023).

    Asisten 1, Pemkab Berau, saat menghadiri acara tersebut, M. Hendratno mengucapkan, selamat Milad ke 76 untuk HMI, Semoga di usia yang sangat matang tersebut mampu menjadi Insan penggerak HMI yang akan semakin mampu meningkatkan peran sebagai katalisator pencatatan pencapaian visi misi pembangunan Kabupaten Berau.

    Dikatakannya, bahwa HMI memang harus menjadi yang semakin terbaik untuk kedepan dan seterusnya. karena, Visi dan Misi pembangunan tetap harus berjalan, terutama dalam Pembangunan Kabupaten Berau.

    Hendratno menyimpulkan dengan Perkenaannya tujuan organisasi kemudian,tetap disiplin ilmu, serta kapabilitas yang dimiliki para pengurus HMI dan sebagaimana diketahui eksistensi HMI sebagai organisasi Mahasiswa berbasis Islam yang progresif, telah banyak memberikan andil dalam pengabdian masyarakat, perjuangan membela rakyat, bahkan menjalankan fungsinya sebagai kontrol sosial sekaligus Mitra strategis bagi Pemerintah.

    “Untuk itu Pemerintah Kabupaten Berau berkomitmen kuat untuk senantiasa mendukung berbagai kegiatan yang sifatnya Pemberdayaan Kaum muda sebagai generasi penerus yang akan memimpin daerah ini,” ucap Hendratno pada Kamis (09/02/2023) malam, di Balai Mufakat Tanjung Redeb.

    “Kita semua tentu menyadari bahwa setiap organisasi senantiasa dihadapkan pada berbagai permasalahan dan kendala,” sambungnya.

    Ia pun berpesan, kepada segenap pengurus HMI harus memiliki jiwa kepemimpinan yang handal, mampu bekerja dalam kebersamaan dan senantiasa menjalin kekompakan, dan saling memberi dukungan agar menjadi organisasi yang Solid dan mampu mewujudkan cita-cita yang diikrarkan.

    Sambung, Ketua HMI Kab. Berau M. Andi Alfian juga menyampaikan, Berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam di Indonesia, tentu menjadi sebuah catatan ataupun refleksi, dimana pada masa bangsa Indonesia sedang mengalami degradasi kemerdekaan, maka Himpunan Mahasiswa Islam hadir di tengah-tengah rakyat Indonesia.

    Di dalam Himpunan Mahasiswa Islam selalu berbicara kaderisasi yang dimana merupakan lumbung lumbung generasi-generasi emas untuk menjadi pemimpin bangsa yang ada di masa depan.

    Ia menuturkan, bahwa Seluruh kader Himpunan Mahasiswa Islam dapat mewarnai, baik itu dari segi politik, segi ekonomi, segi pendidikan maupun segi budaya.

    “Karena itulah kita semua harus mewujudkan tujuan Himpunan Mahasiswa Islam terutama bagaimana berkontribusi untuk membangun Kabupaten Berau yang lebih baik,” tutupnya.

    Sementara itu, Ketua MD Kahmi Kab. Berau, H. M Ghazali turut mengatakan, Hari Milad berarti mengenang kelahirannya untuk kesekian puluh tahunnya mengenang sama dengan mengevaluasi diri apa yang sudah dilakukan.

    “Ya itu semua baik untuk HMI, untuk diri sendiri, untuk masyarakat, untuk bangsa dan negara. Dan tengok kembali hasil musdanya apa yang sudah dilakukan itu evaluasi tahunan,” kata Ghazali.

    “Ada 3 hal yang wajib kita siapkan yaitu Amal Jariyah, Ilmu yang bermanfaat dan penutup yaitu berbakti pada orang tua,” ucapnya.

    Dirinya juga sangat bangga dengan apa yang dicapai oleh HMI Kab. Berau pada beberapa tahun-tahun sebelumnya hingga sekarang, karena sangat berdampak bagi pembangunan suatu Kabupaten khususnya pada Kabupaten Berau, jajaran kemahasiswaan serta di dalam lingkup masyarakat.

    Kendati demikian, dirinya sangat berharap agar HMI Berau terus bersinergi dan terus fokus dalam pencapaian visi dan misi pembangunan Kabupaten Berau.

    “Jelas yang kita inginkan adalah keberhasilan dan Mahasiswa dari HMI sendiri bisa menjadi yang terus bersinergi kepada pemerintah, masyarakat serta kepada diri mereka sendiri,” pungkasnya.